Imbalan Harapan

HARI KE-3
Topik: Imbalan Harapan
Teks: Mazmur 126
Hafalkan: Mereka yang keluar sambil menangis, membawa benih untuk disemai, akan kembali dengan nyanyian kegembiraan, membawa berkas gandum bersama mereka. – Mazmur 126: 6
Bacaan Alkitab: Kolose 3: 23-24; Daniel 12: 3; Matius 25: 28-29; Matius 19:29;
Lukas 18: 28-30; 2 Timotius 4: 7-8
LAGU
(1) Allah Peduli
(2) ku mau sepertimu yesus
Dalam Mazmur 126, metafora dari bertani digunakan untuk menggambarkan kehidupan pengharapan kita kepada Tuhan. Mazmur mengatakan, “Mereka yang menabur dengan air mata akan menuai dengan nyanyian kegembiraan.”
Setelah menabur dengan air mata, seorang petani mungkin putus asa melihat panen sama sekali, apalagi panen yang menyenangkan. Tetapi dalam metafora mazmur ini, para penabur kembali dengan nyanyian kegembiraan, membawa berkas gandum.
Dalam hidup kita, terkadang kita merasa seolah-olah kita sedang menabur dengan air mata. Kita menangis untuk diri kita sendiri, atau untuk keluarga kita, atau untuk dunia kita. Namun Tuhan meyakinkan kita bahwa karena Dia mengutus Yesus ke dunia, kita akan menuai dengan nyanyian sukacita. Harapan kita dalam Yesus Kristus adalah bahwa Tuhan setia pada janji-Nya untuk menyelamatkan umat-Nya. Air mata kita bisa berubah menjadi nyanyian kegembiraan karena harapan keselamatan kita melalui kasih Tuhan bagi kita di dalam Kristus. “Kami akan datang dengan sukacita, membawa berkas gandum.”
Doa
Tuhan yang berjanji, kita meratapi hal-hal dalam hidup kita sendiri atau dalam kehidupan orang lain yang menyebabkan air mata dan kesakitan. Kami berpegang teguh pada janji Anda tentang masa depan yang penuh dengan kegembiraan. Dalam nama Yesus, Amin

LAGU
(1) Allah peduli

Banyak perkara
Yang tak dapat kumengerti
Mengapakah harus terjadi
Di dalam kehidupan ini

Satu perkara
Yang kusimpan dalam hati
Tiada satu pun ‘kan terjadi
Tanpa allah peduli

Reff:
Allah mengerti, allah peduli
Segala persoalan yang kita hadapi
Tak akan pernah dibiarkan-nya
Kubergumul sendiri
S’bab allah mengerti

(2) Kaulah Harapan

Bukan dengan kekuatanku
Ku dapat jalani hidupku
Tanpa Tuhan yang di sampingku
Ku tak mampu sendiri
Engkaulah kuatku
Yang menopangku

Reff:
Kupandang wajahMu dan berseru
Pertolonganku datang darimu
Peganglah tanganku jangan lepaskan
Kaulah harapan dalam hidupku